Pengaruh Dunia Penerbangan Terhadap Perekonomian Indonesia

Pengaruh Dunia Penerbangan Terhadap Perekonomian Indonesia

Jika kita memperhatikan perkembangan dunia penerbangan akhir ini yang bergerak begitu cepat salah satunya dipengaruhi oleh pertumbuhan laju jumlah penumpang pengguna transportasi udara yang semakin tahun semakin naik.

Adapun tingkat pertumbuhan pengguna transportasi udara berkisar 9% yang bertambah setiap tahun tentu sebagai kabar baik. Tingkat laju pertumbuhan penumpang yang sangat tinggi ini tentu membutuhkan SDM yang tidak sedikit bahkan boleh jadi membutuhkan ribuan SDM untuk bekerja di dunia penerbangan.

Baca Juga : Apakah Anda Punya Potensi Untuk Menjadi Pramugari? Coba Cek Disini

Terlebih dengan semakin banyaknya promo dan diskon yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa transportasi udara. Alhasil perlu SDM yang tidak sedikit agar mampu menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada seluruh penumpang pengguna pesawat terbang.

Lalu bagaimanakah pengaruh dunia penerbangan terhadap perekonomian Indonesia? Berikut ini beberapa alasan mengapa dunia penerbangan sangat vital terhadap industri perekonomian di Indonesia.

Beberapa Pengaruh Dunia Penerbangan Terhadap Perekonomian Indonesia

Ada banyak alasan mengapa dunia penerbangan mempengaruhi sektor perekonomian yang ada di beberapa wilayah di Indonesia yakni sebagai berikut:

1. Indonesia Memiliki 17 Ribu Lebih Pulau

Negara Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar dari wilayah Aceh hingga ke pulau Papua. Pulau pulau ini tentu ada yang besar dan kecil dimana moda transportasi darat tidak bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

Selain itu dengan jumlah pulau yang sangat banyak serta luas wilayah Indonesia yang demikian besar tentu membutuhkan sarana transportasi yang memadai cepat dan efisien. Salah satu sarana transportasi yang cocok untuk kondisi ini adalah pesawat terbang.

2. Letak Geografis Indonesia yang Strategis

Indonesia memiliki letak geografis yang sangat strategis dimana diapit oleh dua benua besar yakni benua Asia dan Australia. Selain itu jalur laut yang dimiliki Indonesia juga sangat strategis bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Kondisi geografis yang strategis ini tentu menjadikan Indonesia sebagai rebutan investasi asing dari berbagai penjuru dimana ongkos transportasi akan jauh lebih murah. Selain lebih dekat tentu iklim yang dimiliki Indonesia tentu menjadi favorit investor dimana pabrik yang ada jauh lebih murah dan efektif.

3. Banyaknya Bandara Internasional

Selain itu Indonesia juga memiliki banyak bandara internasional yang menunjang transportasi antar negara. Bandara internasional yang dimiliki Indonesia saat ini bahkan sudah tersebar ke berbagai penjuru Indonesia.

Beragam bandara internasional ini tentu akan memudahkan banyak investor untuk memilih lokasi investasi yang baik. Selain itu bandara ini juga akan memudahkan proses pendistribusian barang melalui jalur udara yang lebih cepat dan efisien.

4. Banyaknya Rute Penerbangan

Indonesia memiliki beragam rute penerbangan yang mana terdiri dari berbagai maskapai baik itu maskapai domestik Indonesia maupun maskapai perusahaan mancanegara. Rute penerbangan ini tidak hanya berpusat pada ibu kota negara Indonesia saja, melainkan rute lain di berbagai wilayah.

Baca Juga : Inilah Tes Kesehatan STAFF Penerbangan Yang Wajib Anda Persiapkan

5. Tarif Tiket Pesawat Terbang yang Terjangkau

Selain itu dengan banyaknya maskapai perusahaan yang ada di dunia tentu akan menguntungkan penumpang pesawat terbang di seluruh dunia. Hal ini wajar terjadi sebab mayoritas perusahaan maskapai penerbangan tentu akan mengadakan promo agar mampu menarik lebih banyak penumpang pesawat.

Tiket pesawat yang semakin terjangkau ini tentu akan memudahkan proses pendistribusian barang yang mana jauh lebih cepat. Bahkan untuk beberapa rute penerbangan terdapat beberapa penerbangan bolak balik dalam seharinya.

Demikianlah pengaruh dunia penerbangan terhadap perekonomian Indonesia yang mana akan sangat bermanfaat dalam proses distribusi barang ke seluruh dunia.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Pengaruh Dunia Penerbangan Terhadap Perekonomian Indonesia. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar