Beragam Jenis Terminal yang Ada di Bandara

Beragam Jenis Terminal yang Ada di Bandara

Terminal merupakan sebuah bagian yang tak terpisahkan pada bandara. Ini merupakan tempat dimana para penumpang sebuah maskapai penerbangan menginjakkan kaki mereka pertama kali pada sebuah bandara yang mereka tuju. Selain itu, terminal juga adalah area dimana kita dapat melakukan banyak aktivitas atau kepentingan yang berhubungan dengan dunia penerbangan seperti melakukan proses check in, membeli tiket penerbangan dan lain sebagainya.

Biasanya, sebuah bandara memiliki lebih dari satu terminal untuk membuat aktivitas penerbangan di bandara tersebut menjadi lebih baik dan lebih nyaman khususnya untuk para penumpang. Tahukah anda bahwa meskipun terlihat sama, ada beberapa jenis terminal yang memiliki karakteristik berbeda? Kali ini kami akan membahasnya lebih lanjut pada ulasan berikut ini.

Baca Juga : Apa Itu Ticketing And Reservation? Penjelasan Menurut Ilmu Penerbangan

1. TERMINAL SATELIT

Ini merupakan sebuah jenis terminal atau bangunan yang memang dihubungkan dari bangunan di bandara lain. Hal ini akan memungkinkan pesawat untuk dapat parkir pada sekitar jangkauannya. Dimanakah bandara yang pertama kali menggunakan jenis terminal satelit ini? Jawabannya adalah di Bandara London Gatwick.

Untuk menghubungkan terminal satelit dengan terminal utama, biasanya akan dibuat semacam terowongan bawah tanah yang dapat dilalui oleh para penumpang dengan cara berjalan kaki. Terminal ini juga pertama kali pernah digunakan pada Bandara di Los Angeles.

Namun, bukan terowongan bawah tanah yang digunakan melainkan seperti pier atau mereka menggunakan alat untuk memindahkan orang dari terminal satelit ke terminal utama. Terminal jenis satelit ini masih eksis dan digunakan di berbagai tempat seperti di kuala lumpur, San Franciso, Sapporo dan lain sebagainya.

2. TERMINAL SEMISIRKULER

Terminal ini pun masih digunakan di beberapa Negara. Biasanya, desain yang dimiliki oleh terminal ini akan membuat pesawatt dapat parkir di sebuah sisi dan kendaraan disisi lainnya. Oleh karena itu, untuk menghubungkan penumpang akan membutuhkan jarak yang lama untuk penumpang.

Namun, ada sisi positif dengan menggunakan terminal jenis ini yakni mengurangi waktu perjalanan antara pesawat dan pendaftarannya. Beberapa bandara yang menggunakan terminal jenis ini adalah terminal 2 si Bandara Internasional Charles de Gaulle, Bandara Internasional Seoul, Sapporo, Dallas, dan lain sebagainya.

3. TERMINAL LOUNGE MOBILE

Mungkin ini merupakan jenis terminal yang paling jarak ditemukan. Terminal ini akan membuat para penumbang dibawa dari gerbang untuk menuju pesawat terbang yang akan mereka tumpangi. Biasanya para penumpang akan dibawa dengan menggunakan kendaraan yang besar yang ditempelkan pada terminal serta pada pesawatnya. Beberapa bandara yang menggunakan terminal ini adalah bandara internasional Washington Dulles serta bandara internasional Mirabel. Mungkin terminal ini pun masih bisa ditemukan  di berbagai bandara lainnya.

Baca Juga : Gigi Tidak Rata Apakah Bisa Menjadi STAFF Penerbangan? Bisa! Ini Syaratnya

4. TERMINAL HYBRID

Ini merupakan jenis terminal selanjutnya yang mungkin pernah anda temui di berbagai bandara yang pernah anda kunjungi. Terminal Hybrid merupakan terminal yang memadukan dua atau lebih jenis terminal menjadi sattu. Salah satu contohnya adalah di Bandara Internasional San Francisso yang menggunakan bentuk terminal pier semiserkuler hybrid di terminal 3 bandara tersebut dan menggunakan bentuk pier untuk sisa terminal yang ada pada bandara itu.

Beberapa jenis terminal tersebut kini mulai mudah untuk ditemukan pada beberapa bandara yang ada di dunia dan mungkin bisa berkembang lagi sesuai dengan perkembangan jaman, kebutuhan dan juga teknologi. Dengan dibangunnya beberapa jenis terminal itu, maka diharapkan pelayanan kepada penumpang menjadi lebih baik dan dapat mengangkat citra sebuah bandara itu sendiri.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Beragam Jenis Terminal yang Ada di Bandara. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar